Dekanat beserta ketua Prodi lingkup FST mengikuti kegiatan Forum Dekan PTKIN Tahun 2024

  • 10 Juni 2024
  • 12:51 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Fahmyddin A’raaf Tauhid, S.T.,M.Arch.,Ph.D bersama wakil Dekan I bidang Akademik Dr. Ermawati, S.Pd.,M.Si, Wakil Dekan II bidang administrasi umum dan keuangan Dr. Fatmawati Nur, S.Si.,M.Si, ketua jurusan Teknik Informatika Mustikasari, S.Kom.,M.Kom. ketua Jurusan Sistem Informasi Faridah Yusuf, S.Kom.,M.T. ketua Jurusan Teknik Arsitektur Dr. Muh. Sutrisno, M.Si. Ketua Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Iyan Awaluddin, S.T.,M.T. Ketua Jurusan Matematika Wahidah Alwi, S.Si.,M.Si. Ketua Jurusan Biologi Dr. Masriany, S.Si.,M.Si. Ketua Jurusan Fisika Muh. Said, S.Si.,M.Pd. Ketua Jurusan Ilmu Peternakan Amriana Hifizah, S.Pt.,M.Anim.st.,Ph.D. beserta Ketua Jurusan Kimia  Ummi Zahra, S.Si.,M.Si  mengikuti kegiatan Forum Dekan  dan prodi Fakultas Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) . kegiatan forum dekan ini diselenggarakan di EL Yogyakarta Malioboro Hotel pada hari Rabu s.d Sabtu tanggal 5 s.d 8 Juni 2024.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI. Prof.Dr. Ahmad Zainul Hamdi turut hadir  dalam kegiatan tersebut, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa fakultas sains dan teknologi adalah fakultas yang paling nyata , penanda penting transformasi IAIN menjadi UIN . fakultas sains dan teknologi  sebagai fakultas umum yang ada di PTKIN tidak seharusnya pesimis , karena tidak menutup kemungkinan secara sumber daya manusia , mahasiswa dan program unggulan dapat bersanding dengan berbagai fakultas sains dan teknologi  di perguruan tinggi umum dengan nuansa ke-islaman sebagai sebuah kelebihan. branding adalah hal yang penting, sehingga PTKIN bukan hanya dianggap sebagai pusat perkembangan religious studies, tetapi perkembangan sains dan teknologinya pun bukanlah kelas dua. beliau juga berpesan  sudah seharusnya kita jujur sebagai seorang saintis, akademisi, dan ilmuan, jujur terhadap ilmu dan karakter dari ilmu tersebut . ilmu diperlukan sebagai ilmu, ilmu tidak diperlakukan sebagai ideologi,pungkasnya.

Prof. Dr. Khurul  Wardati sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga selaku tuan rumah perhelatan kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 148 peserta terdiri atas Dekan, Wakil Dekan , ketua dan sekretaris Jurusan di seluruh PTKIN di Indonesia. lebih lanjut beliau menggarisbawahi pentingnya bersinergi dan bekerjasama antar fakultas sains dan teknologi , maka dari itu kegiatan tersebut juga digelar forum group discussion (FGD) yang terdiri atas 11 cluster meliputi Dekan, wakil dekan I, wakil dekan II, dan wakil dekan III, kepala laboratorium prodi kimia, matematika/statistika, biologi , ilmu peternakan, sistem informasi, kimia dan keteknikan.