FST UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Kuliah Umum Transformasi Belajar dengan AI

  • 28 Juni 2024
  • 11:27 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Gowa - Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sebuah acara kuliah umum yang bertemakan "Transformasi Pembelajaran Dengan Artificial Intelligence (AI) di Bidang Sains dan Teknologi". Acara yang berlangsung di Gedung Auditorium UIN ini dihadiri oleh pimpinan dan mahasiswa dari berbagai program studi di FST, Kamis (27/06/2024).

Kuliah umum tersebut mengundang dua narasumber utama, yakni Prof. Dr. Ir. Shofwatul 'Uyun S.T., M.Kom., IPM ASEAN Eng, selaku Wakil Dekan I bidang Akademik Fakultas Sains dan Teknologi di UIN Sunan Kalijaga, dan Dr. Ridwan Andi Kambau S.T., M.Kom, seorang Dosen Teknik Informatika di UIN Alauddin.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Ir. Shofwatul 'Uyun menekankan pentingnya mahasiswa untuk tetap mengembangkan kemampuan manusiawi seperti berpikir, mencari informasi, dan merencanakan tindakan. "Keempat kemampuan ini adalah hal-hal yang membedakan manusia dengan AI. Jika salah satu dari kemampuan ini dimiliki AI, maka AI dapat dikatakan cerdas. Kemampuan belajar adalah yang paling pesat perkembangannya, terkait dengan laju teknologi dunia saat ini," ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Ridwan Andi Kambau menjelaskan bahwa teknologi AI memiliki potensi besar dalam membantu mahasiswa dan dosen untuk memprediksi hasil simulasi dan menciptakan ilustrasi tiga dimensi yang mendalam. "Kecerdasan buatan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan menyediakan alat bantu yang canggih. Namun, penting bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana menggunakan AI secara efektif, mengingat perkiraan bahwa beberapa pekerjaan akan berubah atau digantikan oleh AI dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Acara kuliah umum ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa terhadap potensi dan tantangan yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi AI di bidang pendidikan dan sains. Dengan begitu, diharapkan UIN Alauddin Makassar dapat terus berperan aktif dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif dan adaptif mengikuti dinamika zaman.

Diakhiri dengan sesi tanya jawab yang aktif, kuliah umum ini berhasil menciptakan ruang diskusi yang mendalam mengenai integrasi AI dalam pendidikan dan ekspektasi ke depannya bagi para mahasiswa dan dosen FST UIN Alauddin.