Code PL |
Profil Lulusan |
Deskripsi |
|---|---|---|
|
PL2 |
Analis Data |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan berdasarkan pemikiran matematis dalam pengolahan data dan pemrograman untuk menganalisis data dan aplikasinya. |
|
PL1 |
Praktisi Bidang Keuangan, perbankan, dan asuransi: |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan, perbankan, dan asuransi, berdasarkan metode matematika dan statistik |
|
PL3 |
Pendidik |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memberikan pembelajaran mata kuliah matematika dan bidang terkait. |
|
PL4 |
Ahli Logistik |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan berbasis matematika optimasi dalam mengelola logistik. |
|
PL5 |
Kewirausahaan |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kerangka berpikir matematis terkait bisnis kreatif dan kewirausahaan |
|
Asisten peneliti |
Asisten Peneliti |
menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika dan pengolahan data di bidang penelitian. |
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
|
PROGRAMME LEARNING OUTCOME (PLO)/ CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) |
|
| SIKAP | |
| PLO1 | Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menunjang etika Islam universal yang moderat |
| PLO2 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap penegakan hukum, etika, norma untuk kehidupan bermasyarakat dan kelestarian lingkungan berdasarkan nilai-nilai keislaman yang moderat dan nilai kearifan lokal |
| PENGETAHUAN | |
| PLO3 | Menguasai konsep dasar matematika meliputi konstruksi pembuktian secara logis/analitis, memodelkan dan menyelesaikan masalah-masalah sederhana, serta komputasi |
| PLO4 | Menguasai konsep teoretis tentang salah satu bidang matematika yaitu pemodelan matematika, pemodelan stokastik, optimasi sistem dan ilmu komputer serta menerapkannya dalam menganalisis, merancang, dan mengevaluasi penyelesaian masalah |
| KETERAMPILAN UMUM | |
| PLO5 | Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikannya pada bidang matematika dan/atau statistika, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kelompok dalam bentuk laporan tugas akhir atau bentuk kegiatan pembelajaran lain yang luarannya setara dengan tugas akhir melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif. |
| PLO6 | Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dan memperhatikan prinsip keberlanjutan serta memahami kewirausahaan berbasis teknologi. |
| KETERAMPILAN KHUSUS | |
| PLO7 | Mampu menerapkan dan mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari penguasaan prosedural/komputasi meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. |
| PLO8 | Mampu mengamati, mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan teknologi. |
| PLO9 | Mampu merekonstruksi atau memodifikasi dan berpikir secara terstruktur terhadap model matematika dan/atau model statistika dari suatu masalah nyata, serta mengkaji keakuratan dan menginterpretasikan hasil. |
| PLO10 | Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat. |
|
PROGRAMME LEARNING OUTCOME (PLO)/ CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) |
|
| SIKAP | |
| PLO1 | Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menunjang etika Islam universal yang moderat |
| PLO2 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap penegakan hukum, etika, norma untuk kehidupan bermasyarakat dan kelestarian lingkungan berdasarkan nilai-nilai keislaman yang moderat dan nilai kearifan lokal |
| PENGETAHUAN | |
| PLO3 | Menguasai konsep dasar matematika meliputi konstruksi pembuktian secara logis/analitis, memodelkan dan menyelesaikan masalah-masalah sederhana, serta komputasi |
| PLO4 | Menguasai konsep teoretis tentang salah satu bidang matematika yaitu pemodelan matematika, pemodelan stokastik, optimasi sistem dan ilmu komputer serta menerapkannya dalam menganalisis, merancang, dan mengevaluasi penyelesaian masalah |
| KETERAMPILAN UMUM | |
| PLO5 | Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikannya pada bidang matematika dan/atau statistika, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kelompok dalam bentuk laporan tugas akhir atau bentuk kegiatan pembelajaran lain yang luarannya setara dengan tugas akhir melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif. |
| PLO6 | Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dan memperhatikan prinsip keberlanjutan serta memahami kewirausahaan berbasis teknologi. |
| KETERAMPILAN KHUSUS | |
| PLO7 | Mampu menerapkan dan mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari penguasaan prosedural/komputasi meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. |
| PLO8 | Mampu mengamati, mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan teknologi. |
| PLO9 | Mampu merekonstruksi atau memodifikasi dan berpikir secara terstruktur terhadap model matematika dan/atau model statistika dari suatu masalah nyata, serta mengkaji keakuratan dan menginterpretasikan hasil. |
| PLO10 | Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat. |
©2024. All rights reserved.