Bimbingan Teknis Pengelolaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Lingkup Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

  • 18 Agustus 2021
  • 07:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kegiatan bimbingan teknis pengelolaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Lingkup Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar berlangsung selama 2 hari pada tanggal 28-29 Juli 2021 di Hotel Remcy Makassar yang dihadiri oleh Peserta, Narasumber, dan Panitia kegiatan  Melalui penerapan SPMI dan SPME diharapkan mampu membentuk budaya mutu yang tercermin melalui pola pikir, pola sikap, pola perilaku. Komite Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu merupakan unit pelaksana teknis yang mempunyai tugas menyelenggarakan penjaminan mutu di tingkat fakultas dan jurusan. Sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mengawal pelaksanaan penjaminan mutu tridharma perguruan tinggi, KPM dan GPM mendapat amanat untuk mengembangkan budaya mutu melalui kegiatan penguatan dan pendampingan implementasi SPMI di tingkat fakultas dan jurusan. meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan sesuai dengan amanat Undang Undang Republik Indonesia dan peraturan turunan lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan SPMI Lingkup Fakultas Sains dan Teknologi bagi para pengelola mutu di tingkat agar dapat diketahui berbagai dokumen implementasinya di lingkup Fakultas Sains dan SPMI dan penerapannya di tingkat fakultas maupun jurusan lingkup Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan SPMI Lingkup Fakultas Sains dan Teknologi dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif yang melibatkan Pengelola Komite Penjaminan Mutu (KPM), pengelola Gugus Penjaminan Mutu (GPM) serta Pimpinan fakultas mulai dari Dekan hingga wakil Dekan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara offline terdiri dari Perencanaan, Penyusunan dan Evaluasi instrumen, Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan SPMI, Pengendalian, serta Peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan yang melibatkan panitia kegiatan. Hasil tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pelaksanaan seluruh tahapan SPMI oleh seluruh pengelola mutu lingkup. Evaluasi kebijakan, standar dan pedoman pengelolaan SPMI dilaksanakan oleh panitia dengan menyusun rencana kegiatan berikutnya serta melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan tersebut.