Workshop Peningkatan Wawasan Bagi Tenaga Kependidikan

  • 01 September 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alaluddin Makassar menyelenggarakan workshop bagi tenaga  kependidikan di Ruang Lecturer Theater(LT) FST. Tema kegiatan workshop untuk tenaga kependidikan kali ini adalah “Workshop Peningkatan Wawasan Bagi Tenaga  Kependidikan Fakultas Sains dan Teknologi ”. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, Pratiwi Rusman, S.Si  kemudian dilanjutkan dengan  laporan oleh panitia, dalam hal ini Nurman Najib, S.Ag,MM . Workshop dilaksanakan selama 2 hari dari kamis  sampai dengan Jumat,27 - 28  Agustus 2020.

Pada kegiatan hari pertama, hadir pula Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Prof Dr. Muhammad Khalifah Mustami,M.Pd. beliau berkenan memberikan pengarahan kepada para peserta sekaligus membuka acara workshop. Dalam arahannya, beliau menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kependidikan yang berkaitan dengan  pembuatan surat menyurat maupun dokumentasi administrasi lainnya. Di akhir arahannya beliau juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu masalah disiplin waktu bagi pegawai, performance yang baik dan enak dipandang dan profesionalitas dalam hal pelayanan baik itu layanan umum maupun akademik.

Pelaksanaan workshop yang di ikuti oleh unsur laboran,  operator prodi dan staf akademik maupun staf bagian umum.  sesi pertama pelatihan pada workshop kali ini di bawakan oleh Hamrani Hambali, M.AP, beliau merupakan Kepala seksi Pengawasan Kearsipan Badan Arsip Provinsi Sulawesi selatan. Dalam pemaparannya, beliau memfokuskan materinya pada pilar kearsipan yang terdiri atas tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip, sesi pertama berjalan efektif dan interaktif, dimana para peserta tidak hanya mendapatkan materi kearsipan saja tetapi juga langsung mempraktikkan cara mengelola pengarsipan  surat maupun dokumen lainnya.

Pada hari kedua pelaksanaan wokrshop, adapun narasumbernya yakni Drs Irwanuddin , MM, dimana saat ini menjabat sebagai Kabag Tata Usaha Fakultas Sains dan Teknologi. Yang memaparkan tentang Tata naskah dinas Kementerian Agama  dimana tata naskah dinas ini berisi informasi tulis  sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat/dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang. Lebih lanjut dalam pemaparan materi beliau secara rinci menjelaskan tentang paradigma pelayanan dimana suatu konsep yang mengantar seseorang untuk menciptakan realitasnya  sehingga memungkinkan melakukan perbaikan kebiasaan dari aparatur yang dilayani menjadi aparatur yang melayani, sebab kita tahu bahwa pelanggan menginginkan dalam pelayanan lebih cepat, lebih murah, lebih baik dan baru sehingga makin lama makin sederhana.@