"Webinar Collaboration of Mathematics" UIN Alauddin, Unasman, IAIN Ambon

  • 03 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Di tengah masa pandemik Covid-19, Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar  ikut serta memberikan kontribusi dengan mengadakan sebuah Webinar dengan Tema “Pemilihan Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring”. Karena adanya pandemik ini, khususnya di bidang akademik tentu memberikan efek kejut bagi para guru/dosen, mahasiswa/siswa, orang tua, dan pengelola kampus/sekolah. Acara tersebut bertujuan memberikan pencerahan kepada masyarakat yang terdampak, khususnya proses belajar mengajar materi matematika.

Pada kesempatan webinar ini, Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd, beliau seorang Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FITK IAIN Ambon, kemudian ada Nursalam,S.Pd.,M.Pd, Tenaga Pengajar pada Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, berikutnya Fatimah, S.Si.,M.Pd, Dosen Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Univ. Al Asyariah Mandar, dan pemateri terakhir yakni, Adnan Sauddin,S.Pd.,M.Pd, beliau merupakan tenaga pengajar pada Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.

Webinar kali ini di buka oleh Wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama FST, Dr. Muhammad Anshar,S.Pt.,M.Si Beliau sangat mengapresiasi para Narasumber yang telah berkenan mengisi acara Webinar dan para peserta yang mencapai ratusan peserta . Acara dimulai pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Tanggal pelaksanaanya yakni hari Rabu 22 Juli 2020. Peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar kali ini. Disisi lain webinar ini gratis juga tanpa harus ke tempat berlangsungnya acara, karena dilakukan melalui kanal Zoom dan Youtube, menurut Muh Irwan,S.Si.,M.Si yang diberi amanah memandu atau menjadi moderator pada kegiatan webinar kali ini.

Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd. dalam pemaparannya beliau menekankan pada fenomena yang terjadi pada saat ini yaitu  memasuki era Society 5.0 dimana  untuk mewujudkan atau mempersiapkan Society 5.0 dalam bidang pendidikan, anak tidak  cukup hanya sebatas memahami atau diberikan teori saja, khususnya mahasiswa harus berada pada fase mengaplikasi dan mencipta. Adapun contoh aplikasi buatan anak negeri yang terkenal : gojek, glue, ruang guru, dan catfiz massenger.

Adapun materi yang di paparkan oleh Nursalam, S.Pd.,M.Pd berbasis aplikasi yakni Lentera di mana aplikasi pembelajaran online bebasis moole yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam ruang lingkup UIN Alauddin Makassar. Lebih lanjut Lentera (Learning Centre Area) merupakan ruang atau tempat pembelajaran mahasiswa secara online  atau biasa di sebut e-Learning dengan model virtual class akan membantu dosen dalam mengajar dan memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

Pemateri berikutnya yakni Dosen Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar. Fatimah ,S,Si.,M.Si. adapun materi yang disampaikan pada webinar kali ini bagaimana mengintegrasikan teknologi dan pembelajaran dengan menggunakan flatform youtube , lalu membagi  link ke Grup WhatsApp (WAG) di WAG tersebut materi akan didiskusikan, cara ini menurutnya cukup efektif  karena mahasiswa menikmati video melalui layar handphone ataupun komputer/laptop.lebih lanjut dalam pemaparan beliau pembelajaran menggunkan aplikasi zoom , cloud meeting atau moodle yang bisa dilakukan secara live streaming.

Selanjutnya Pemateri yang juga dosen Jurusan Matematika  Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makasar  Adnan Sauddin,S.Si.,MSi memaparkan tentang metode blanded learning dimana metode ini menggambarkan cara e-Learning digabungkan dengan ruang kelas konvensional dan studi mandiri untuk menciptakan metodologi hybrid yang baru. Lebih lanjut dalam paparannya blanded learning ini si pengajar atau fasilitator dalam proses belajar mengajar berfokus mengarahkan pengalaman belajar individual, melakukan modifikasi materi sesuai kebutuhan yang memungkinkan penguatan pengalaman pembelajaran.