Webinar Nasional Jurusan Teknik Perencanaan wilayah dan kota

  • 05 Juli 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan  Teknik  Perencanaan Wilayah dan Kota menggelar seminar online  yang  bertajuk  “ Urban Resilience in New Normal Life” pada hari Kamis,25 Juni 2020 pukul 10.00 – 12.00 Wita secara live melalui aplikasi zoom dan youtube. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan wawasan tentang ketahanan kota terhadap bencana, baik berupa bencana alam maupun bencana pandemik. Kegiatan webinar ini sukses mengundang antusiasme ratusan peserta  dari berbagai kalangan diantaranya dosen, Pegawai Negeri Sipil, Kalangan Professional bidang Tata kota dan Perancangan , mahasiswa dan alumni Teknik Perencana Wilayah dan Kota.

Dipandu oleh Andi Idham AP,ST.,M.Si  selaku moderator, kegiatan webinar ini menghadirkan narasumber  yakni  kepala Dinas Tata Ruang Kota Makassar, Ketua umum  Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia  Harkunti Pertiwi Rahayu, PhD,  dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UINAM Prof.Dr.  Darussalam Syamsuddin,M.Ag.

Dr. Muhammad Anshar, M.Si dalam sambutannya mewakili Dekan Fakultas Sains dan Teknologi  bersyukur dan bangga atas terlaksananya kegiatan webinar  ini ditengah keterbatasan fisik sosial  kita masih bisa merangkai ide  dan aspirasi  sebagai upaya  menggapai masa depan yang berkelanjutan. Lebih lanjut Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi ini mengatakan  pengembangan wilayah dan perkotaan  di masa pandemik covid-19 mengalami kendala yang beragam, mulai dari proses perizinan yang tersendat karena kantor pelayanan yang di alihkan , sistem transportasi yang terputus, dan interaksi sosial masyarakat yang harus dibatasi. Penerapan sosial berskala besar (PSBB) yang telah diterapkan dikota Makassar menyebabkan masalah-masalah baru muncul ditengah perkembangan kota makassar yang memerlukan perlakuan khusus untuk meminimalisir dampak  pandemik yang muncul.

Pada sesi pemaparan, kadis Tata Ruang kota Makassar  menyampaikan bahan mengenai strategi-strategi yang perlu dilakukan dalam membangun ketahanan,khususnya kawasan perkotaan  disituasi new normal  atau adaptasi kebiasaan baru  dikota Makassar, beberapa langkah yang dapat di implementasikan diantaranya menjamin ketahanan pangan, peningkatan kinerja fasilitas  dan insfraktuktur  kesehatan.