MAHASISWA FST PEROLEH BEASISWA BANTUAN TUGAS AKHIR DARI YAYASAN HADJI KALLA

  • 10 Juli 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Informasi yang dilayangkan oleh pihak yayasan Hadji Kalla melalui surat digital kepada pimpinan UIN Alauddin makassar pertanggal 07 Juli 2020, merupakan penyampaian bahwa empat orang mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar lolos sebagai penerima beasiswa Yayasan Hadji Kalla tahap I tahun 2020 sekaligus mengundang keempat penerima tersebut untuk menghadiri penyerahan bantuan penyelesaian tugas akhir tersebut. Kegiatan penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis ala virtual melalui aplikasi via Zoom, Jumat (10/07/2020) pagi tadi.


Empat mahasiswa berprestasi yang beruntung gtersebut, Susi Susanti jurusan Biologi, Ansar jurusan Fisika, Windawati Jafar jurusan Kimia, dan Ahmad Albar jurusan Fisika, masing-masing semester delapan dan sedang tahap pengerjaan tugas akhir dalam rangka penyelesaian studi. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif  Yayasan Hadji Kalla Muh Zuhair, serta dihadiri oleh Manajer Program Educare Yayasan Hadji Kalla Suharto, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, serta Baharuddin, Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi Dr Muhammad Anshar.


Salah satu penerima beasiswa Hadji Kalla Susi Susanti mengatakan dirinya memperoleh informasi tentang beasiswa tersebut melalui  WhatsApp group dan Instagram info beasiswa. Setelah menyimak informasi tersebut, menurutnya persyaratan administratif tidak rumit.

“Dapat info dari grup WA dan Instagram info beasiswa. Iya sekedar coba-coba saja dan ternyata syaratnya tidak susah. Alhamdulillah juga begitu pendaftaran semua berkas sudah tersedia karena persiapan administrasi penyelsaian tugas akhir studi S1, jadi langsung upload dan daftar hari pada itu juga,” tuturnya. Selanjutnya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah memberikan beasiswa tugas akhir.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla telah bersedia memberi bantuan untuk memudahkan kami menyelesaikan tugas kami. Adanya beasiswa ini membuat kami lebih semangat dan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih karena ini amanah yang harus kami selesaikan,” imbuhnya.


Pada kesempatan itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FST Dr Muhammad Anshar, membeberkan beasiswa tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Hadji Kalla. Biasanya, kata dia selain beasiswa, Yayasan Hadji Kalla juga memberikan kuliah umum terkait enterpreneur.

“Kegiatan dengan pihak Yayasan Hadji Kalla telah lama dilakukan di FST misalnya pihak yayasan mengedukasi dan memberikan motivasi kepada mahasiswa yakni kuliah umum terkait enterpreneur,” jelasnya. Dalam waktu dekat ini, Ansar menyebutkan pihak UIN Alauddin Makassar akan menguatkan kerjasama dengan Yayasan Hadji Kalla.

“Insya Allah, pihak UIN Alauddin Makassar dan Yayasan Hadji Kalla akan menguatkan kerjasama MoU Dan nota kesepahaman,” tutupnya.

Diketahui, dari 400 judul tugas akhir dari 31 kampus yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara, sebanyak 28 judul yang dinyatakan diterima. Adapun penilaian tugas akhir tersebut, judul yang inovatif dan dapat diaplikasikan khususnya untuk masyarakat luas. Tentu saja merupakan kebanggaan atas capaian mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 seperti saat ini sehingga dapat meringankan beban mahasiswa yang memperolehnya. Dengan berbagai keterbatasan saat ini, semoga kita semua tetap dapat melakukan tugas dan kewajiban dalam situasi normal yang baru. InsyaAllah dengan niat dan usaha yang baik, kita lebih produktif dan tetap memberikan manfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa. Aamiin ya Rabbal alaamiin. (HF)