DOSEN JURUSAN FISIKA FST UIN ALAUDDIN MAKASSAR MENYAMPAIKAN MATERI PADA GEO AMBASSADOR LECTURE

  • 26-09-2018
  • 06:30 WITA
  • admin_fst
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) wilayah V mengadakan Seminar Geothermal sebagai rangkaian  Geo Ambassador Lecture 2018 pada, 23 September 2018 di gedung lantai 2 Science Building Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin Makassar. Kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri,  Ayusari Wahyuni, S.Si.,  M.Sc (Dosen Geofisika, Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar) dan Muh. Fauzy (Dosen Geofisika, FMIPA Universitas Hasanuddin Makassar). Kegiatan ini mengambil tema 'Indonesia and its challeges for goethermal development'. Pemateri pertama,  Ayusari Wahyuni banyak menjelaskan potensi dan tantangan dalam pengembangan geothermal dan memberikan penjelasan mengenai kebijakan penggunaan energi di Indonesia, dampak penggunaan energi fosil secara kontinu serta mengupas tentang geothermal adalah Energi Baru Terbarukan (EBT).

Energi geothermal (energy panas bumi) adalah salah satu energi alami dalam bumi yang merupakan hasil interaksi antara panas batuan dan air yang mengalir di sekitarnya. Karakteristiknya yang berbeda dengan minyak, gas, dan batu bara menjadikan geothermal sebagai sumber energi yang terbarukan (renewable energy). Indonesia adalah negera terkaya akan potensi geothermal, sehingga dosen geofisika, jurusan fisika,  Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin ini banyak berbicara geothermal adalah anugrah dari Allah Swt yang sebaiknya kita syukuri, terutama seorang geofisikawan muda Indonesia. Indonesia kaya akan potensi geothermal, karena Indonesia berada di jalur cincin api atau sabuk vulkanik. Dan pemateri kedua,  Muh Fauzy menjelaskan keadaan dan perkembangan kegiatan eksplorasi di Indonesia, serta teknologi-teknologi yang terbaru dalam hal eksplorasi dan monitoring potensi energi geothermal.

Ketua HMGI wilayah V,  Muhammad Nasri (mahasiswa prodi geofisika Unhas)  dan ketua panitia,  Ayyub Alqadri (mahasiswa prodi geofisika unhas) memberikan penghargaan kepada kedua pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu pengetahuan dalam acara tahunan. Peserta yang hadir tidak hanya dari mahasiswa geofisika Unhas,  mahasiswa jurusan fisika yang mengambil konsentrasi peminatan geofiska di Jurusan Fisika, F.Saintek Uin Alauddin pun banyak yang hadir dalam kegiatan ini.