Kuliah Umum Jurusan Kimia "Aspek Kimia dalam Perunggasan"

  • 18-09-2018
  • 07:56 WITA
  • admin_fst
  • Berita

Jurusan Kimia menggelar acara kuliah umum dengan tema "Aspek Kimia dalam Perunggasan".  Pembicara pada kegiatan ini adalah Bapak Dr. H. Asri Saleh, ST, M.Si dan bertindak selaku moderator oleh Dra. Sitti Chadijah, M.Si.  Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Kimia, ibu Syamsiah, S.Si, M.Si, Ph.D.  dalam sambutannya beliau menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh jurusan kimia dan dilaksanakan dua kali dalam setahun.  Tema-tema yang diangkat bersifat kontekstual dan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar kampus.

Kegiatan ini dihadiri oleh civitas akademika jurusan kimia dan turut hadir dari jurusan peternakan.  Bertempat di ruang LT FST dan dihadiri 85 orang.  Sebagian peserta nampak duduk di lantai, karena Ruang LT tak mampu menampung peserta. 

Di awal materinya, Bapak dengan tiga orang putra ini menyampaikan bahwa ilmu kimia mencakup hampir di setiap aspek kehidupan.  Karena pada dasarnya kimia merupakan ilmu hulu.  Sementara dunia perunggasan adalah ilmu hilir.  Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi keilmuwan antara ilmu kimia dan peternakan.  Dalam pemaparannya, bapak yang akrab dipanggil Pak Aji ini menjelaskan pengembangan ilmu kimia di bidang perunggasan.  Kimia sangat berperan di bagian mutu pakan ternak dan penemuan hingga penggunaan antibiotik/vaksin pada unggas, khususnya ayam. Beliau menutup materinya, dengan berpesan mari menggali ilmu kimia secara mendalam [F3Z].